INKA Jalin Kerjasama Dengan Perusahaan Nepal

By Admin

nusakini.com--Bertempat di ruang pertemuan, PT. INKA, Madiun, Jumat (14/10), telah ditandatangani MOU mengenai pembangunan sistem perkeretaapian secara terintegrasi di Nepal antara PT INKA yang diwakili oleh Direktur Utama,  Agus H. Purnomo dengan IME Group Pvt. Ltd Nepal yang diwakili Mr. Chandra Prasad Dhakal dan disaksikan Duta Besar RI untuk Bangladesh merangkap Nepal  Iwan Wiranataatmadja serta pejabat fungsi ekonomi KBRI Dhaka, Abdul Nazar. MOU tersebut meliputi kerjasama pengadaan lokomotif, gerbong dan dukungan logistik lainnya yang terkait dengan infrastruktur perkeretaapian.  

IME Group Pvt. Ltd Nepal berdiri pada tahun 2007 dan merupakan perusahaan gabungan beberapa lembaga keuangan komersial di Nepal, antara lain Global IME Bank Ltd, IME Financial Institution, Lord Buddha Finance Ltd, Social Development Bank, Gulmi Bikas Bank, dan Commerz and Trust Bank Nepal Ltd yang ikut bergabung pada tahun 2014. Dalam perkembangannya, perusahaan ini tidak hanya bergerak dibidang perbankan namun juga menjangkau bidang ekspor impor, otomotif dan manufaktur. 

Menyusul keberhasilan PT INKA menjual 50 (lima puluh) gerbong kereta api pada tahun 2007 dan 150 (seratus lima puluh) gerbong pada periode tahun 2015-2016 ke Bangladesh, PT INKA saat ini sedang mengikuti tender pengadaan 250 (dua ratus lima puluh) gerbong kereta api untuk periode tahun 2017-2018 juga ke Bangladesh. PT INKA juga akan memperluas pangsa pasarnya ke Nepal. Diharapkan melalui penandatanganan MOU tersebut kehadiran PT INKA di Nepal dapat diwujudkan dalam waktu dekat.(p/ab)